RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH (RKJM)1.1. Identitas Sekolah1. Nama Sekolah : SMAN 9 Seluma
Status
: Negeri.
2.
Alamat
Sekolah
: Alamat: Jl. Batang
hari,Jambat Akar
Propinsi
: Bengkulu
Kabupaten
: Seluma
Kecamatan
: Semidang Alas Maras
Desa
: Jambat Akar
Jalan
: Batang Hari
NISN/NSS : 10702679 / 3012605009
Kode
Pos
:
Telepon /
Fax
:
E-mail /
Website
:smansemseluma@yahoo.co.id
Website
:
3. Nomor Rekening Bos : 301.02.01.00406.8
Nama
Bank
: Bengkulu
Kantor
:
Alamat
Bank
:
Telepon Bank
:
Nama Pemegang Rekening
: SMAN 9 Seluma
1. Nama
: Drs. Suryono
Jabatan
: Kepala Sekolah
2.
Nama
: Midah lena
M.Pd
Jabatan : Waka kurikulum
4. NPWP
:
1.2. Latar Belakang.
Pendidikan nasional bertujuan
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya,
yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan
jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan. Oleh karena itu pendidikan berfungsi
mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu pendidikan dan martabat
manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan nasional.
Seiring
dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Indonesia Nomor 19 tahun 2001
tentang Standar
Nasional Pendidikan yang berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan,
pelaksanaan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat. maka
diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan di segala aspek, baik input,
proses, output, maupun outcome.
Dalam rangka peningkatan mutu
sekolah, perlu keberanian untuk merubah kultur dan wawasan sekolah ke
arah wawasan yang lebih global dalam upaya menyikapi perkembangan
teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga sekolah dapat
menyiapkan anak didiknya baik dari segi fisik, mental, dan keterampilan untuk
dapat hidup di era yang akan datang . Untuk menunjang program tersebut
diperlukan peningkatan kualitas sumber daya dan dukungan sarana mulai dari
sarana input, proses, dan output dengan dengan mengikuti perkembangan
teknologi dan tuntutan masyarakat global. Kondisi seperti ini akan memberikan
kualitas lulusan Sekolah Menengah Atas yang mampu menjawab tantangan ke depan
dan siap bersaing di era pasar global; yaitu sumber daya manusia yang siap
memasuki jenjang pendidikan tinggi , siap memasuki dunia kerja, dan siap
menjadi bagian dari masyarakat dunia.
Mengacu Peraturan pemerintah Republik
Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan
pendidikan, SMAn 9 Seluma berupaya memfungsikan sekolah untuk:
1. Meningkatkan
penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai keimanan, akhlak mulia, dan
kepribadian luhur.
2. Meningkatkan,
menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air.
3. Mempelajari
ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Meningkatkan
kepekaan dan kemampuan mengapresiasi serta mengekspresikan keindahan,
kehalusan, dan harmoni.
5. Menyalurkan
bakat dan kemampuan di bidang olahraga, baik untuk kesehatan dan kebugaran
jasmani maupun prestasi.
6. Meningkatkan kesiapan fisik dan mental untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi dan/atau untuk
hidup mandiri dimasyarakat.
Konsep
sekolah seperti di atas akan menuju pada sekolah yang efektif yaitu sekolah
yang memiliki profil kuat, mandiri, inofatif, dan didukung oleh tenaga
pendidik yang professional, sarana pendukung pembelajran yang memadai serta
beriklim kondusif bagi warganya untuk mengembangkan sikap kritis,
kreatif, inovatif dan motifasi yang tinggi dalam menyikapi era globalisasi dan serba
digital.
Untuk mewujudkan sekolah seperti di atas, diperlukan upaya sadar
yang meliputi :
Meningkatkan mutu pendidikan
melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola
dan memberdayakan sumber daya yang tersedia.
Meningkatkan kepedulian warga
sekolah, wali siswa, masyarakat, dunia usaha, pakar pendidikan
(Komite Sekolah) dalam penyelenggaraan pendidikan
melalui pengambilan keputusan bersama.
Membangun kerja sama dan
tanggung jawab antara pengelola sekolah , orang tua siswa,
masyarakat dan pemerintah dalam upaya
peningkatan mutu sekolah.
Mengangkat
keunggulan lokal menjadi bagian integral proses pembelajaran untuk meningkatakan komptensi siswa.
Meningkatkan
kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan
yang akan di
capai.
Mengembangankan sarana
pembelajaran yang memadai dan berbasis teknologi Informasi
dalam rangka mengoptimalkan pelayanan terhadap siswa.
Menyediakan
alat bantu pembelajaran dan sarana evaluasi yang memadai.
Peningkatan
SDM secara terus menerus, terprogram, terevaluasi, dan berkelanjutan.
Membangun kultur sekolah yang
kondusif untuk kegiatan pembelajaran maupun peningkatan fungsi pelayanan
terhadap peserta didik.
1.3.Landasan
Dalam
upaya pengembangan sekolah SMAN 9 Selumamenggunakan landasan yuridis sebagai
berikut:
1. Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Pasal 1 ayat
(19);
Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4);
Pasal 32 ayat
(1), (2), (3);
Pasal 35 ayat (2);
Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4);
Pasal 37 ayat (1), (2), (3);
Pasal 38 ayat (1), (2).
Pasal
50 ayat (3)
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan, pasal 1 ayat (5), (13), (14),
(15);
Pasal 5 ayat (1),
(2);
Pasal 6 ayat (6);
Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8);
Pasal 8 ayat
(1), (2), (3);
Pasal 10 ayat
(1), (2), (3);
Pasal 11 ayat
(1), (2), (3), (4);
Pasal 13 ayat
(1), (2), (3), (4);
Pasal 14 ayat
(1), (2), (3)
Pasal 16 ayat
(1), (2), (3), (4), (5);
Pasal 17 ayat
(1), (2);
Pasal 18 ayat
(1), (2), (3); Pasal 20
Pasal 61 ayat
(1).
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No: 053/U/2001, tanggal 19 April
2007, tentang Standar Pelayanan Minimal Sekolah (SPM)
4. Peraturan pemerintah Republik
Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan
pendidikan.
1.4.Tujuan
Tujuan
disusunnya Rencana
Kerja Sekolah Jangka menengah (RKJM) ini adalah agar SMAN 9 Seluma :
1. Memiliki pedoman / arah
pengembangan sekolah.
2.
Memiliki pedoman pengembangan sekolah.
3.
Memiliki target pencapaian program.
II. PROFIL SMA N 9 SELUMA PADA TAHUN 2016
2.1. Karakteristik
Lulusan
Karakteristik siswa lulusan SMAN 9 Seluma tahun 20115 yaitu siswa yang
memiliki kecakapan hidup yang dikembangkan berdasarkan multiple
intelegensi. Kecakapan hidup tersebut terwujud dalam kompetensi dan
sikap yang memperkaya kehidupan dan peningkatan potensi untuk berhasil
sebagai individu maupun anggota masyarakat. Kompetensi dan sikap
tersebut tergambarkan sebagai berikut :
1. Mempunyai integritas moral,
agama, dan jiwa patriotisme yang tinggi.
2. Bersikap ilmiah dalam memecahkan masalah :
a. Mampu
mengidentifikasi, mendefinisikan, dan menganalisa persoalan
b. Mampu
memformulasikan alternatif-alternatif pemecahan dengan menggunakan
pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai hidup.
c. Mampu
membuat pilihan yang tepat dari alternatif-alternatif tersebut dan
kemudaian mengembangkan strategi untuk pelaksanaan dan penilaian dari hasil
pilihan tersebut.
3. Pembelajaran sepanjang
hidup, mandiri yang diperlihatkan dengan kemampuan mencari
mengorganisasi dan memproses
informasi untuk kepentingan kini dan mendatang.
4. Pribadi yang bertanggung
jawab terhadap tugas yang diberikan dan ditunjukkan dengan :
a. Kesediaan
menerima tugas.
b. Menentukan
standar dan strategi yang tepat dalam menyelesaikan tugas.
c. Secara
konsisten bekerja menyelesaikan tugas.
d. Mampu
mempertanggungjawabkan hasil.
5. Pemikir yang kreatif,
berani berspekulasi dengan meneliti dan mensintesakan cara-cara yang belum
pernah dicoba untuk melahirkan ide baru.
6. Komunikator yang
efektif dan efisien baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa
asing
7. Pribadi yang memahami dirinya
sendiri sebagai hasil dari penilaian diri terhadap kepercayaan, perasaan,
sikap, nilai-nilai yang dimiliki dan hubungan diri dengan lingkungan.
8. Mampu bekerja sama dengan orang
lain baik sebagai anggota maupun pemimpin kelompok.
9. Mempunyai kebiasaan
membaca dan menulis yang baik.
10. Menguasai materi pelajaran
yang ditunjukan dengan kesiapan fisik dan mental untuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang pendidikan tinggi dan/atau untuk hidup mandiri dimasyarakat.
11. Mempunyai kepedulian
terhadap lingkungan social, fisik dan Kultural.
12. Mampu
menghasilkan karya.
2.2. Standar Fasilitas Dan Pelayanan
Standar Fasilitas Dan Pelayanan Untuk Sekolah .
Dari pagu yang telah disusun
tersebut diprogramkan akan dicapai dalam kurun waktu 5 tahun ke depan yang
pelaksanaannya dibagi menjadi 5 tahapan program dengan waktu pelaksanaan
masing-masing tahapan selama 1 tahun, sebagai berikut :
1.
Tahap 1 dimulai Tahun Pelajaran 2015/2016
2.
Tahap 2 dimulai Tahun Pelajaran 2016/2017
3. Tahap
3 dimulai Tahun Pelajaran 2017/2018
4.
Tahap 4 dimulai Tahun Pelajaran 2018/2019
5.
Tahap 5 dimulai Tahun Pelajaran 2019/2020
Rencana
Kerja Sekolah Jangka Menengah (RKJM) seperti di atas akan
menjadikan SMAN 9 Seluma sekolah yang efektif; yaitu sekolah
yang memiliki profil kuat, mandiri, inofatif, dan didukung
oleh sarana dan prasarana yang memadai dan tenaga pendidik yang professional,
serta beriklim kondusif untuk mengembangkan sikap kritis, kreatif, inovatif
dan motifasi yang tinggi dalam memberikan pelayanan terhadap peserta didik.
Dengan
demikian SMAN 9 Seluma akan menjadi Sekolah Efektif pada tahun 2020, karena
didukung secara aktif oleh stakeholder sekolah, orang tua siswa, masyarakat,
dunia usaha, dan pemerintah dalam menjalankan pengembangan yang telah disusun
secara terprogram.
III. PROGRAM KERJA SEKOLAH4.1. Visi Dan Misi Sekolah4.1.1. Visi Sekolah
“TELADAN DALAM PRILAKU, UNGGUL DALAM
PRESTASI,TERAMPIL DALAM BERKREASI SERTA BERIMAN DAN BERTAKWA TERHADAP TUHAN
YANG MAHA ESA”
Indikator Visi: Pada tahun pelajaran
2014/2015 Sekolah telah:
1.
Siswa drop out (DO) 0%.
2.
Kenaikan kelas 100%.
3.
Kelulusan 100%.
4.
80% lulusan masuk perguruaan tinggi
ternama.
5.
Menjuarai lomba tingkat SLTA di
kabupaten.
6.
Merai nilai tertinggi fisika tinkat
nasional pada ujian nasional
7.
Terciptanya suasana religius disekolah
.
4.1.2. Misi :
1. sekolah
sebagai pusat pembudayaan belajar,pusat pembinaan dan pengembangan akhlak
mulia
2. terciptanya
semangat kerja segenap tenaga kependidikan dan semangat belajar seluruh siswa
yang kondusif
3. terjalinnya rasa kekeluargaan dan
kebersamaan antar sesama warga sekolah
4. 100%
ruang belajar siswa difasilitasi IT terakses internet.
5. Pembelajaran
berbasis IT.
6. Melaksanakan
kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik
berbasis multiple intetgensi.
7. Menjalin
kerja sama dengan pemangku kepentingan, Perguruan Tinggi, organisasi
prestasi, dan dunia usaha dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap siswa.
4.2. Tujuan
4.3.1. Tujuan Umum:
1. Memiliki
sarana dan prasarana sekolah yang melampaui Standar Nasional Pendidikan
(SNP).
2. Memiliki
sarana pendukung pembelajaran yang representative dan berbasis
elektronik.
3. Meningkatkan
tipe sekolah dari tipe B menjadi sekolah tipe A (minimal 24 rombel).
4. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.
5. Menyelenggarakan
pendidikan secara profesional untuk menghasilakan lulusan yang berkepribadian
unggul, berwawasan kebangsaan, cerdas komprehensif, dan siap
memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
6. Menyelenggarakan
kegiatan ektrakurikuler dalam upaya pengembangan diri siswa berbasis multiple
intelegensi.
7. Menjalin
kerja sama kemitraan secara sinergis dengan pihak lain baik dalam negeri
maupun luar negeri dalam rangka memperluas pelayanan terhadap siswa.
4.3.2. Tujuan Khusus
1. Meningkatnya kedisiplinan pendidik dan tenaga kependidikan untuk
terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif.
2. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.
3. Terwujudnya pembelajaran berbasis IT.
4. Meningkatnya daya serap pelajaran 100% dan rata-rata nilai UAN diatas
75,00.
5. Memiliki tim olimpiade sains, seni, dan olah raga yang mampu menjadi
delegasi kabupaten, provinsi.
6. Memiliki tim olah raga minimal 1 cabang dan mampu menjadi delegasi
kabupaten, provinsi, maupun nasional.
7. Memiliki pasukan pengibar bendera
yang mampu menjadi delegasi kabupaten, provinsi maupun nasional.
8. Memiliki tim PMR yang mampu menjuarai
tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.
9. Memiliki
tim pramuka yang mampu menjadi delegasi kabupaten, provinsi
maupun nasional.
10. Memiliki tim
kesenian yang berprestasi dan tampil dalam acara-acara
setingkat kabupaten,
11. Memiliki siswa yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan
social, fisik dan Kultural, mampu menghasilkan karya,
dan terampil dalam kewirausahaan.
12. Menghasilkan
lulusan yang berkepribadian unggul, berwawasan kebangsaan, cerdas
komprehensif, siap
memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan siap menjalani
kehidupan menjadi bagian dari masyarakat.
4.4. Kebijakan Mutu
Menyelenggarakan
pendidikan yang bermutu dan ditunjang dengan sarana dan proses pembelajaran
berbasis pada iman dan taqwa, kearifan lokal, serta penerapan
ilmu pengetahuan dan teknologi terkini sehingga menghasilkan lulusan yang
berkemampuan personal, sosial, dan akademis guna melanjutkan ke jenjang
pendidikan lebih tinggi.
4.5. Sasaran Mutu
1.
Menyelenggarakan
pendidikan secara profesional sehingga 100 % lulusan dapat masuk perguruan
tinggi.
2.
Meningkatkan
kompetensi tenaga pendidik, sehingga 100 % tenaga pendidik dapat memanfaatkan
komputer untuk kegiatan pembelajaran.
3.
Meningkatkan
kompetensi tenaga kependidikan, sehingga 100 % dapat memanfaatkan
komputer untuk kegiatan administrasi.
4.
Menyelenggarakan
pembinaan olimpiade, sehingga meraih juara tingkat Kabupaten, juara
tingkat Propinsi,
5.
Menyelenggarakan
kegiatan ektrakurikuler dalam upaya pengembangan diri siswa berbasis
multiple intelegensi (kecerdasan majemuk), sehingga 100 % siswa bakatnya
dapat dikembangkan.
6.
Mengembangkan
kualitas sarana IT, sehingga 100% fasilitas layanan siswa terkoneksi
internet.
7.
Mengembangkan
kualitas sarana dan prasarana pembelajaran, sehingga 100% ruang belajar
siswa difasilitasi dengan komputer dan LCD proyektor terakses internet.
8.
Menjalin kerja
sama kemitraan dengan Perguruan Tinggi Negeri ternama minimal 2
lembaga.
IV. RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH (RKJP) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
0 komentar:
Post a Comment